
METODE BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
BELAJAR
Menurut Gagne (1977), Belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu. Perubahan terjadi akibat adanya suatu pengalaman atau latihan. Berbeda dengan perubahan serta-merta akibat refleks atau perilaku yang bersifat naluriah
PEMBELAJARAN
Menurut Gagne dan Briggs (1979:3), Instruction atau pembelajaran adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang, disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal
DESAIN PEMBELAJARAN
Menurut Smith & Ragan (1993), Desain pembelajaran merupakan prinsip-prinsip penerjemahan dari pembelajaran dan instruksi ke dalam rencana-rencana untuk bahan-bahan dan aktivitas-aktivitas instruksional
METODE
Metode secara harfiah berarti “cara”. Secara umum, metode diartikan sebagai suatu cara atau prosedur yang dipakai untuk mencapai tujuan tertentu.
Metode mengajar merupakan cara-cara menyajikan bahan pelajaran kepada peserta didik untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
KLASIFIKASI METODE PEMBELAJARAN
Klasifikasi metode pembelajaran, hanya untuk memudahkan guru dalam memilih metode sesuai dengan strategi yang akan dipilih. Untuk itu klasifikasi disini didasarkan pada strategi pembelajaran.
- Strategi pembelajaran langsung, Strategi pembelajaran langsung sangat diarahkan oleh guru. Metode yang cocok antara lain: ceramah, tanya jawab, demonstrasi, latihan, dan drill.
- Strategi pembelajaran tidak langsung, Sering disebut inkuiri, induktif, pemecahan masalah, pengambilan keputusan dan penemuan. Strategi ini berpusat pada peserta didik. Metode yang cocok digunakan antara lain: inkuiri, studi kasus, pemecahan masalah, peta konsep.
- Strategi pembelajaran interaktif, Menekankan pada diskusi dan sharing di antara peserta didik, maka metode yang cocok antara lain: diskusi kelas, diskusi kelompok kecil atau projek, kerja berpasangan.
- Strategi pembelajaran mandiri, Merupakan strategi pembelajaran yang bertujuan untuk membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri. Bisa dilakukan dengan teman atau sebagai bagian dari kelompok kecil. Memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanggung jawab dalam merencanakan dan memacu belajarnya sendiri. Dapat dilaksanakan sebagai rangkaian dari metode lain atau sebagai strategi pembelajaran tunggal untuk keseluruhan unit. Metode yang cocok antara lain: pekerjaan rumah, karya tulis, projek penelitian, belajar berbasisi komputer, Elearning.
- Belajar melalui pengalaman, Berorientasi pada kegiatan induktif, berpusat pada peserta didik dan berbasis aktivitas. Refleksi pribadi tentang pengalaman dan formulasi perencanaan menujupenerapan pada konteks yang lain merupakan faktor kritis dalam pembelajaran empirik yang efektif. Metode yang cocok antara lain: bermain peran, observasi/survey, simulasi.
PRINSIP MENENTUKAN METODE PEMBELAJARAN
Dalam memilih metode yang tepat, ada empat prinsip umum dalam menentukan metode pembelajaran, di antaranya;
- berorientasi pada tujuan pembelajaran
- berorientasi pada aktivitas peserta didik
- berorientasi pada individualitas, dan
- berorientasi pada integritas.
FAKTOR DALAM MENENTUKAN METODE PEMBELAJARAN
Faktor-faktor yang perlu di perhatikan dalam menentukan metode pembelajaran, antara lain:
- tujuan pembelajaran
- kemampuan guru
- kemampuan peserta didik
- jumlah peserta didik
- jenis materi
- waktu
- fasilitas yang ada.
53 METODE PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran Berdasarkan Pemberian Informasi
- Metode CERAMAH
- Metode TANYA JAWAB
- Metode DEMONSTRASI
- Metode RANDOMIZATION TECHNIQUE
- Metode BEYOUND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT)
- Metode QUANTUM TEACHING LEARNING
Metode Pembelajaran Berdasarkan Pemecahan Masalah
- Metode CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING)
- Metode DISKUSI UMUM
- Metode DISKUSI KELOMPOK KECIL (BUZZ GROUP)
- Metode PANEL
- Metode FORUM DEBAT
- Metode SEMINAR
- Metode SIMPOSIUM
- Metode ACTIVE LEARNING
- Metode ROUND TABLE
- Metode STAD
- Metode LEARNING CYCLE
- Metode DEBAT AKTIF
- Metode SUMBANG SARAN
- Metode PAIR CHECKS
- Metode INSIDEN
- Metode TIME TOKEN ARENDS
Metode Pembelajaran Berdasarkan Penugasan
- Metode LATIHAN
- Metode PENUGASAN (RESITASI)
- Metode PERMAINAN
- Metode KELOMPOK KERJA (WORKSHOP)
- Metode STUDI KASUS
- Metode KARYA WISATA (FIELD TRIP)
Metode Pembelajaran “Permainan”
- Metode DIAD
- Metode KUBUS PECAH (BROKEN SQUARE)
- Metode ROLE PLAYING
- Metode SOSIODRAMA
- Metode SIMULASI
- Metode FLASH CARD
- Metode PICTURE AND PICTURE
- Metode PUZZLE AMPLOP
- Metode SHARE YOUR INFORMATION
- Metode TALKING STICK
- Metode GAME PESAWAT MASALAH
- Metode WHOLE BRAIN TEACHING
- Metode SCRAMBLE
- Metode COMPLETE SENTENCE
- Metode LUCKY DAY! IF YOU LUCKY!
- Metode MODELLING THE WAY
- Metode TWO STAY TWO STRAY
- Metode TEKA TEKI SILANG
- Metode INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC)
- Metode TALAM KERJA
- Metode SNOWBALL THROWING
- Metode LA’BUL QIRTOS
- Metode NUMBERED HEAD TOGETHER
- Metode PASANGAN BERMAKNA
- Metode BERTUKAR PASANGAN
- Metode DESIGN THINKING
Selengkapnya DOWNLOAD di:
BUKU 53 METODE BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Panduan Mata Pelajaran Edisi 2025 dari Kemendikdasmen
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) resmi merilis Panduan Mata Pelajaran (Mapel). Panduan Mata Pelajaran disusun sebagai acuan bagi pendidik dalam menerjema
Panduan Penjelasan Instrumen Akreditasi BAN-PDM Versi 2025
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), akreditasi berarti pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu
Pedoman Implementasi Pembelajaran Mendalam dan Pedoman Implementasi Koding & Kecerdasan Artifisial
Download : 1. Kepmendikdasmen Nomor 126/P/2025 Tentang Pedoman Implementasi Pembelajaran Mendalam Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidi
SKB Libur Nasional dan Cuti Bersama 2026
Pemerintah menetapkan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2026 sebagai rujukan bagi kementerian/lembaga/daerah, dunia usaha, dan masyarakat dalam menyusun program kerja maupun ag
PANDUAN KOKURIKULER
A. Makna dan Pentingnya Kokurikuler Pengertian Kokurikuler Kokurikuler merupakan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan untuk penguatan, pendalaman, dan/atau pengayaan
STRATEGI MENGAJAR MULTIPLE INTELLIGENCES
Ranah Kecerdasan dan Area Otak Strategi Mengajar dan Pendekatan Multiple Intelligences Pengamatan (logis-matematis, naturalis). Tanya jawab (linguistik). Wawancara (linguistik,
Buku Panduan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat
Buku Panduan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat (KAIH) bisa DIDOWNLOAD dengan cara KLIK di nama file yang diinginkan UMUM Evaluasi Penguatan Pendidikan Karakter melalui Pembia
Buku AI dan Modul Coding
Regulasi, Buku dan Modul Pembelajaran Koding dan AI bisa DIDOWNLOAD dengan cara KLIK di nama file yang diinginkan. UMUM Naskah Akademik Coding dan AI 101 Lembar Aktivitas C
KUMPULAN SOAL OMI/KSM
KSM (Kompetisi Sains Madrasah) sekarang/2025 jadi OMI (Olympiade Madrasah Indonesia) Silahkan Download Juknis dan Contoh Soal dengan klik file yang diinginkan. OMI 2025 Jukni
TKA
Terbaru Tanya Jawab TKA Versi 2 (Mekanisme Pendaftaran dan Pemilihan Mapel PIlihan) Link Simulasi TKA: Link Simulasi/Latihan Soal TKA (Tes Kemampuan Akademik) Jenjang SD, SMP