
STRATEGI MENGAJAR MULTIPLE INTELLIGENCES
Ranah Kecerdasan dan Area Otak
Strategi Mengajar dan Pendekatan Multiple Intelligences
- Pengamatan (logis-matematis, naturalis).
- Tanya jawab (linguistik).
- Wawancara (linguistik, interpersonal).
- Demonstrasi (kinestetik, interpersonal).
- Merangkai pola (spasial-visual, kinestetik, interpersonal).
- Eksperimen (logis-matematis).
- Tebak kata, mengurut pola berdasarkan kriteria kata (linguistik, logis-matematis).
- Curah gagasan (linguistik, logis-matematis).
Active Learning pada Dasarnya Strategi Multiple Intelligences
Menurut Thomas Armstrong, strategi pembelajaran multiple intelligences adalah suatu cara mengakses informasi melalui delapan jalur kecerdasan yang ada pada masing-masing siswa, namun untuk mengeluarkannya kembali seluruh kecerdasan bersinergi dalam satu kesatuan yang unik sesuai dengan kebutuhan. Sehingga siswa mampu memecahkan masalah-masalah pembelajaran dengan cara yang menakjubkan.
Armstrong (2002) mengatakan bahwa, dengan teori multiple intelligences, memungkinkan guru mengembangkan strategi pembelajaran inovatif yang relatif baru dalam dunia pendidikan. Meskipun demikian, Armstrong menambahkan bahwa tidak ada rangkaian pembelajaran yang bekerja secara efektif untuk semua siswa. Setiap siswa memiliki kecenderungan tertentu pada kedelapan kecerdasan yang ada.
Inti pengajaran strategi multiple intelligences adalah siswa belajar aktif. Menurut L. Dee Fink (1999) pembelajaran siswa aktif (active learning) adalah suatu proses pembelajaran untuk memberdayakan peserta didik agar belajar dengan menggunakan berbagai cara/strategi secara aktif. Pembelajaran aktif sesuai multiple intelligences siswa merupakan cara belajar yang sesuai cara kerja otak (Blakeslee et al. 2010)
95 STRATEGI MENGAJAR INTELLIGENCES
Strategi Mengajar Kecerdasan Linguistik
- Ceramah
- Diskusi
- Tanya Jawab
- Wawancara
- Presentasi
- Pelaporan Oral
- Reporter
- Bercerita
- Dongeng
- Debat
- Membaca Nyaring
- Puisi
- Tebak Kata .
- Aksara Bermakna
- Pantun
- Menulis Imajinatif
- Menulis Informasi
- Menulis Cerpen
- Menulis Novel
- Menulis Cerita dari Komik
- Menulis Laporan
- Menulis Personal
- Kosakata
- Teka-Teki Silang (TTS)
- Pidato
- Acak Kata
- Menyusun Skenario
Strategi Mengajar Kecerdasan Logis Matematis
- Pengamatan
- Discovering
- Problem Solving
- Identifikasi
- Klasifikasi
- Separasi
- Kuantifikasi
- Komparasi
- Prosedural Teks
- Pendataan
- Tebak Angka
- Tebak Simbol
- Sudoku
- Latihan Soal
- Jawaban Soal 000
- Eksperimen
- Action Research
- Studi Kasus
- Analogi
- Tebak Logis
Strategi Mengajar Spasial-Visual
- Mind Mapp
- Tulisan Tangan dan Pasir
- Menulis di Udara
- Urutan Gambar
- Tebak Gambar
- Menggambar Imajinatif
- Huruf dalam Warna
- Tebak Sketsa Wajah
- Menggambar Makna Simbol
- Membaca Peta
- Movie Learning
- Menebak Peta
- Membaca Gambar
- Tebak Angka dalam Warna
- Flash Card
Strategi Mengajar Kecerdasan Musik
- Parodi
- Konser
- Games Tebak Bunyi
- Bernyanyi
Strategi Mengajar Kecerdasan Kinestetik
- Jawaban Stik .
- Memancing Ikan
- Lompatan Benar Salah
- Matematika Basket
- Gerakan Kreatif
- Games Ular Tangga .
- Simulasi
- Demonstrasi
- Bermain Peran
- Lari Kanan Kiri Benar Salah
- Injak Angka
- Lekukan Geometri
- Kartu Domino
Strategi Mengajar Kecerdasan Interpersonal
- Kerja Kelompok
- Kartu Soal .
- Sosiodrama
- Memberi dan Menerima
- Jigsaw
- Cerdas Cermat Berantai
- Surat untuk Sahabat
Strategi Mengajar Kecerdasan Intrapersonal
- Games Siapa Saya
- Pertanyaan Dimulai dari Siswa
- Mengenal Tokoh
- Kontrak Nilai
- Manipulasi Identitas
Strategi Mengajar Kecerdasan Naturalis
- Tebak Suara Hewan
- Identifikasi Tumbuhan
- Matematika Daun
- Karyawisata
Selengkapnya bisa dibaca dan DOWNLOAD bukunya di:
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Panduan Mata Pelajaran Edisi 2025 dari Kemendikdasmen
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) resmi merilis Panduan Mata Pelajaran (Mapel). Panduan Mata Pelajaran disusun sebagai acuan bagi pendidik dalam menerjema
Panduan Penjelasan Instrumen Akreditasi BAN-PDM Versi 2025
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), akreditasi berarti pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu
Pedoman Implementasi Pembelajaran Mendalam dan Pedoman Implementasi Koding & Kecerdasan Artifisial
Download : 1. Kepmendikdasmen Nomor 126/P/2025 Tentang Pedoman Implementasi Pembelajaran Mendalam Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidi
SKB Libur Nasional dan Cuti Bersama 2026
Pemerintah menetapkan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2026 sebagai rujukan bagi kementerian/lembaga/daerah, dunia usaha, dan masyarakat dalam menyusun program kerja maupun ag
PANDUAN KOKURIKULER
A. Makna dan Pentingnya Kokurikuler Pengertian Kokurikuler Kokurikuler merupakan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan untuk penguatan, pendalaman, dan/atau pengayaan
METODE BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
BELAJAR Menurut Gagne (1977), Belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi b
Buku Panduan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat
Buku Panduan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat (KAIH) bisa DIDOWNLOAD dengan cara KLIK di nama file yang diinginkan UMUM Evaluasi Penguatan Pendidikan Karakter melalui Pembia
Buku AI dan Modul Coding
Regulasi, Buku dan Modul Pembelajaran Koding dan AI bisa DIDOWNLOAD dengan cara KLIK di nama file yang diinginkan. UMUM Naskah Akademik Coding dan AI 101 Lembar Aktivitas C
KUMPULAN SOAL OMI/KSM
KSM (Kompetisi Sains Madrasah) sekarang/2025 jadi OMI (Olympiade Madrasah Indonesia) Silahkan Download Juknis dan Contoh Soal dengan klik file yang diinginkan. OMI 2025 Jukni
TKA
Terbaru Tanya Jawab TKA Versi 2 (Mekanisme Pendaftaran dan Pemilihan Mapel PIlihan) Link Simulasi TKA: Link Simulasi/Latihan Soal TKA (Tes Kemampuan Akademik) Jenjang SD, SMP