• MA. ISLAMIYAH SYAFIIYAH
  • MAIS Berakhlak Mulia, Unggul & Inspiratif.

PANDUAN KOKURIKULER

 A. Makna dan Pentingnya Kokurikuler

  1. Pengertian Kokurikuler

Kokurikuler merupakan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan untuk penguatan, pendalaman, dan/atau pengayaan kegiatan Intrakurikuler dalam rangka pengembangan kompetensi, terutama penguatan karakter.

  1. Pentingnya Kokurikuler

Dalam upaya mewujudkan bangsa yang cerdas dan maju, pendidikan bermutu untuk semua adalah komitmen yang harus selalu dipegang teguh. Komitmen ini tidak cukup diwujudkan hanya melalui pengalaman belajar intrakurikuler dan ekstrakurikuler saja, tetapi juga perlu diperkuat melalui kegiatan kokurikuler yang dirancang secara sistematis, bermakna, dan kontekstual. Kokurikuler memiliki peran strategis untuk menjembatani antara pembelajaran konseptual di kelas dan penerapannya dalam kehidupan nyata, sehingga murid dapat mengembangkan kompetensi secara lebih utuh dan kontekstual.

  1. Tujuan Kokurikuler

Kegiatan kokurikuler bertujuan mendukung tercapainya delapan dimensi profil lulusan secara nyata dan kontekstual melalui pengalaman belajar yang bermakna. Delapan dimensi profil lulusan merupakan hasil dari capaian pengetahuan, keterampilan, dan karakter. Disamping itu, delapan dimensi profil lulusan menumbuhkembangkan lulusan yang memiliki kepemimpinan efektif yang berintegritas, profesional, dan transformatif. Berikut ke delapan dimensi profil lulusannya:

  1. Karakteristik Kokurikuler

Karakteristik kegiatan kokurikuler bersifat fleksibel dan kontekstual, serta dapat dilaksanakan dalam berbagai bentuk sesuai kebutuhan dan kekhasan satuan pendidikan. Namun demikian, kegiatan kokurikuler tidak dirancang secara acak atau sekadar tambahan kegiatan. Kegiatan harus berangkat dari identifikasi dimensi profil lulusan yang ingin dikuatkan atau diperdalam. Dengan menentukan terlebih dahulu aspek dimensi profil lulusan yang menjadi fokus, satuan pendidikan dapat merancang kegiatan kokurikuler yang relevan dan berdampak.

 

 B. Kerangka Pembelajaran Kokurikuler

  1. Praktik Pedagogis

Pendidik berperan sebagai aktivator, kolaborator, dan pengembang budaya belajar, yang mendampingi proses berpikir, merasakan, dan bertindak murid secara reflektif, serta melibatkan murid mengembangkan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan 6pembelajaran. Praktik pedagogis dalam kokurikuler mengutamakan pembelajaran kolaboratif lintas disiplin ilmu melalui pembelajaran aktif seperti model pembelajaran berbasis penyelidikan (inquiry), pembelajaran berbasis proyek (project-based learning), pembelajaran berbasis masalah, dan ruang eksplorasi yang memungkinkan murid mengonstruksi pengetahuan dan membangun makna secara mandiri maupun kolaboratif.

  1. Lingkungan Pembelajaran

Kegiatan kokurikuler mendorong pemaknaan ruang belajar yang lebih luas, tidak hanya di dalam kelas, tetapi juga di luar ruang formal: area-area di dalam dan sekitar satuan pendidikan, komunitas lokal, bahkan ruang digital. Lingkungan pembelajaran yang mendukung adalah lingkungan yang aman, terbuka, inklusif, dan menghargai keberagaman cara belajar murid.  Hal ini memungkinkan murid mengalami pembelajaran secara utuh dan kontekstual.

  1. Kemitraan Pembelajaran

Pelaksanaan kegiatan kokurikuler melalui pembelajaran kolaboratif lintas disiplin ilmu, Gerakan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat, dan/atau cara lainnya agar efektif, 6berkesinambungan dan berdampak masif, maka diperlukan kemitraan dengan berbagai 6pihak. Kemitraan dalam hal ini bisa ditinjau dari catur pusat pendidikan yaitu satuan 5pendidikan, keluarga, masyarakat, dan media.

  1. Pemanfaatan Teknologi Digital

Teknologi digital menjadi alat bantu yang memperluas akses belajar dan memperkaya pengalaman belajar murid. Dalam kokurikuler, teknologi dapat dimanfaatkan untuk mencari referensi, mendokumentasikan proses, menyampaikan  berbagai pesan ke publik, berkolaborasi jarak jauh, memvisualisasikan ide kreatif murid, mempublikasikan hasil pembelajaran yang telah dikerjakan. Teknologi digital dapat juga dimanfaatkan untuk asesmen dan pertukaran informasi di antara guru tentang perkembangan belajar murid.

 C. Perencanaan, Pelaksanaan, dan Asesmen Kokurikuler

  1. Perencanaan Kokurikuler
  2. Penentuan Tim Kerja Kokurikuler
  3. Analisis Satuan Pendidikan
  4. Membuat perencanaan berdasarkan hasil analisis
  5. Pembelajaran kolaborasi lintas disiplin ilmu
  6. Gerakan 7 KAIH
  7. Cara lainnya
  8. Pelaksanaan dan Asesmen Kokurikuler
  9. Pelaporan Hasil Kokurikuler

 D. Evaluasi dan Tindak Lanjut Kokurikuler

  1. Tujuan Evaluasi kegiatan Kokurikuler
  2. Pelaksana Evaluasi kegiatan Kokurikuler
  3. Model evaluasi kegiatan
  4. Analisis Evaluasi kegiatan Kokurikuler
  5. Tindak lanjut

 

Selengkapnya Baca dan Download Bukunya di:

BUKU PANDUAN KOKURIKULER

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Panduan Mata Pelajaran Edisi 2025 dari Kemendikdasmen

Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) resmi merilis Panduan Mata Pelajaran (Mapel). Panduan Mata Pelajaran disusun sebagai acuan bagi pendidik dalam menerjema

01/10/2025 08:25 - Oleh MAIS PAITON - Dilihat 259 kali
Panduan Penjelasan Instrumen Akreditasi BAN-PDM Versi 2025

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), akreditasi berarti pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu

25/09/2025 09:44 - Oleh MAIS PAITON - Dilihat 145 kali
Pedoman Implementasi Pembelajaran Mendalam dan Pedoman Implementasi Koding & Kecerdasan Artifisial

Download :   1. Kepmendikdasmen Nomor 126/P/2025 Tentang Pedoman Implementasi Pembelajaran Mendalam Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidi

21/09/2025 22:54 - Oleh MAIS PAITON - Dilihat 112 kali
SKB Libur Nasional dan Cuti Bersama 2026

Pemerintah menetapkan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2026 sebagai rujukan bagi kementerian/lembaga/daerah, dunia usaha, dan masyarakat dalam menyusun program kerja maupun ag

21/09/2025 22:33 - Oleh MAIS PAITON - Dilihat 40 kali
STRATEGI MENGAJAR MULTIPLE INTELLIGENCES

Ranah Kecerdasan dan Area Otak Strategi Mengajar dan Pendekatan Multiple Intelligences Pengamatan (logis-matematis, naturalis). Tanya jawab (linguistik). Wawancara (linguistik,

13/09/2025 20:15 - Oleh MAIS PAITON - Dilihat 74 kali
METODE BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

BELAJAR Menurut Gagne (1977), Belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi b

12/09/2025 23:14 - Oleh MAIS PAITON - Dilihat 126 kali
Buku Panduan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat

Buku Panduan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat (KAIH) bisa DIDOWNLOAD dengan cara KLIK di nama file yang diinginkan   UMUM Evaluasi Penguatan Pendidikan Karakter melalui Pembia

19/08/2025 01:07 - Oleh MAIS PAITON - Dilihat 516 kali
Buku AI dan Modul Coding

Regulasi, Buku dan Modul Pembelajaran Koding dan AI bisa DIDOWNLOAD dengan cara KLIK di nama file yang diinginkan.   UMUM Naskah Akademik Coding dan AI 101 Lembar Aktivitas C

19/08/2025 01:03 - Oleh MAIS PAITON - Dilihat 1534 kali
KUMPULAN SOAL OMI/KSM

KSM (Kompetisi Sains Madrasah) sekarang/2025 jadi OMI (Olympiade Madrasah Indonesia) Silahkan Download Juknis dan Contoh Soal dengan klik file yang diinginkan.   OMI 2025 Jukni

17/08/2025 14:55 - Oleh MAIS PAITON - Dilihat 104367 kali
TKA

Terbaru Tanya Jawab TKA Versi 2 (Mekanisme Pendaftaran dan Pemilihan Mapel PIlihan)   Link Simulasi TKA: Link Simulasi/Latihan Soal TKA (Tes Kemampuan Akademik) Jenjang SD, SMP

11/08/2025 12:30 - Oleh MAIS PAITON - Dilihat 2560 kali